Antara Nyali dan Naluri

  Eri dan saya emang dua manusia konyol nan aneh yang paling sering berdiskusi, debat dan saling berargumen. Topiknya bisa macem-macem. Kadang-kadang soal pelajaran, soal agama, soal sepak bola, soal musik, sampe hal-hal yang terkadang gak penting atau malah penting banget. Uniknya, saya dan Eri selalu punya pendapat dan sudut pandang yang berbeda. Akhirnya kalo udah semakin seru, biasanya Fachrul dan Agas ikut-ikutan. Wah, kalo udah begini sih asyiknya gak main-main. Serasa jadi sekumpulan orang-orang (sok) pinter sedunia.. Huahaha.
  Nah, kemarin Jumat (02/11) kebetulan Eri memulai topik diskusi yang lumayan bermutu dan berbobot. Tiba-tiba dia nengok ke belakang--kearah gue--dan ngucap gini, "Orang hidup itu perlu nyali, Dam."
  Sekali denger itu, saya langsung setuju. "Yaiyalah. Pasti itu!"
  Eri pun melanjutkan pendapatnya, "Bener toh? Nek orang hidup gak punya nyali, mending gak usah hidup dia. Mending mati wae."
  Halah, kalo kata-kata yang ini sih pasti quotes dari guru IPS paling killer se-kawasan SMPN 6 Yogyakarta. Yap, tentu saja Pak Pardjana. Ihirr, tapi dia kalo ngajar asik loh. Anak-anak sekelas jadi hening dan tentram. Yang gondes sekalipun langsung kicep dihadapannya. Wow gak tuh?!
  "Ya, ya, bener, bener" ujarku.
  "Contoh sederhananya gini. Kalo orang pengen buang air tapi gak punya nyali, jadinya dia gak buang air. Lak yo mati to? Bener kan, buat buang air aja perlu nyali!" kata Eri.
  "Lho? Masa ada orang yang gak punya nyali cuma untuk buang air doang?" Saya rada gak mudeng denger kata-katanya Eri.
  "Maksudnya, gak punya nyali buat ke kamar mandi pas malem-malem. Atau karena di kamar mandinya ada kecoa atau hantu atau apalah.." jelas Eri.
  Naah, aku mulai gak setuju sama Eri begitu dia ngomong kayak gitu. Menurut saya, ucapannya itu kurang bener. Langsung saja dia tak smash dengan ucapan khas saya yang nyeleneh nan edan.
  "Salah, Ri" ujarku.
  "Lho, salah piye?" tanya Eri.
  "Buang air itu sama sekali gak butuh nyali. Yang dibutuhkan supaya bisa buang air itu cuma naluri. Naluri sebagai manusia untuk buang air!" kataku.
  "Ya, sama aja to,"
  "Beda!" saya menukas, "Nyali itu berani atau takut. Sedangkan naluri itu sifat dasar seluruh manusia dari dulu sampe sekarang. Dari yang jenius sampe yang luntang-luntung di jalanan"
  "Terus?"
  "Nah..buang air itu gak perlu nyali, tapi butuh naluri. Yang membutuhkan nyali itu untuk ke kamar mandinya! Toh, mesti nek orang takut buang air di kamar mandi A, dia pasti berinisiatif buat buang air di kamar mandi B, atau C, atau seterusnya"
  Eri diem. Dia pasti baru sadar kalo ternyata dibalik muka saya yang aneh ini, ada pemikiran hebat soal buang air. Eh. Ya gitulah.
  "Jelas?" ujar saya.
  "Ooo.. yo, yo, yo"
  "Gampangnya ngene wae. Nyali itu konteksnya untuk ke kamar mandinya, sedangkan naluri itu untuk buang airnya. Delok kono, tumbuhan gak buang air karena dia gak punya naluri buat buang air, bukan karena dia gak punya nyali buat buang air. Lak yo bener to?" jelas saya.
  "He'eh, bener. bener" kata Eri sambil ngangguk-ngangguk. Setelah itu dia langsung balik badan dan diskusi selesai dengan akhir yang jarang terjadi. Ya,  Eri setuju. Jarang banget lho kami ketemu satu pendapat waktu berdiskusi. Biasanya sih diskusi selesai dengan saya yang keukeuh dengan pendapat nyeleneh saya dan Eri dengan pendapat yang.. enggh, apa ya istilahnya..susah nih.
  Dan hari itu, sekolah berakhir dengan agak gak enak. Waktu pelajaran seni musik, ada anak jalang dari kelas lain yang mukul-mukul pintu kelas C sampe Pak Novi--sang guru--ngamuk-ngamuk dan akhirnya pelajaran selesai dengan Pak Novi yang keliatannya badmood. Yaah, yang sabar, Pak. Horas!

Debat sebagian dari iman *gangnam style*


Comments

Popular Posts