Resensi Melodi : Dewa - Cinta Gila

  Akhir-akhir ini tiba-tiba seneng sama lagu-lagunya Dewa 19 nih. Berawal dari iseng dengerin lagu Roman Picisan, akhirnya malah jadi kepincut lagi sama grup yang udah bubar ini. Langsung deh ngoleksi lagu-lagu dari era Ari Lasso sampe jamannya Once. 
  Ada satu lagu yang unik nih, judulnya Cinta Gila, dari album Laskar Cinta (2004). Selain liriknya yang apik dan musiknya yang asik, video klipnya juga keren. Di videonya, Ahmad Dhani masih belom botak, tingkahnya juga aneh, gak kayak sekarang, jaim banget ._.

  Kita bahas keunikan lagu ini dari liriknya dulu deh. Sebelum itu, ini ada liriknya nih..
Hati-hati dengan hatiku
Karna hatiku mudah layu
Jangan kamu bermain-main
Karna ku tak main-main

Sungguh aku bersungguh-sungguh
Cintaku ini cinta mati
Mati-matian aku
Pertahankan cintaku 
Aku takkan rela bila kau tinggalkan
Aku kan berbuat apa saja
Untuk mendapatkan kamu lagi

Rupa-rupa alasan kamu
Untuk tetap tinggalkan aku
Rupanya kamu memang
Sudah tak cinta aku

Cintamu yang berbisa
Bisa racuni aku
Bisa-bisanya kamu
Mau tinggalkan aku
  Menemukan keunikannya? Buat generasi-generasi yang lahir dibawah tahun 1997 sih pasti udah dari dulu kenal sama lagunya Dewa. Tapi buat generasi diatas tahun 1997, pasti gak tau kalo liriknya bener-bener unik dan gak kepikiran ._. Sebenernya, Ahmad Dhani emang musisi hebat ._. Lihat deh, dia bisa-bisanya mainin satu kata dengan makna yang berbeda.
  Pertama, kata 'hati' dimainkan jadi dua arti berbeda. Yaitu, 'hati-hati' dalam konteks kewaspadaan dan 'hati' dalam sebuah objek. Sebenernya yang beginian udah pernah dipake Dhani di lagu 'Rahasia Wanita' pada era Ari Lasso.
  Terus, ada juga kata 'rupa' yang diubah-ubah maknanya. Yaitu, 'rupa-rupa' alias macem-macem dan 'rupanya' alias ternyata. Sayang ya, disini gak ada 'rupa' dalam arti wajah atau semacamnya ya. Hmm..
  Terakhir, kata 'bisa' yang emang banyak banget maknanya. Pertama, 'berbisa' yang maksudnya ya beracun. Terus baris selanjutnya liriknya 'bisa racuni aku' yang konteks 'bisa'-nya menjadi kemampuan. (bisa alias dapat lah). 'Bisa-bisa'nya juga ada.. Emang keren nih liriknya.. ._. Ahmad Dhani!! Kenapa lo gak pernah lagi bikin lagu keren kayak dulu!!

  Selanjutnya, dari segi musiknya deh.. *buka Winamp* *play Cinta Gila*
  Diawali dengan beat drum yang bernuansa elektro dan disusul dengan suara gitar berdistorsi dan suara bass yang begitu kerasa, Cinta Gila emang udah menggoda sejak awal. Dilanjut dengan suara Ahmad Dhani yang kayak kena Cinta Laura Syndrome (atau Cinta Laura yang kena Ahmad Dhani Syndrome?) dan backing vocal + suara keyboard khas horror yang bikin merinding, lagu ini begitu catchy, juga karena liriknya sih.
  Refrainnya, gue gak terlalu suka sih awalnya. Iya, soalnya berasa dengerin Aisyah-nya Five Minutes. Tapi, lama-kelamaan mulai terbiasa sih. Di bagian tengah ada solo bass yang dimainin ala funk dan dilanjut dengan solo gitar yang keren abis. Di bagian akhir, pendengar bakal dimanjakan dengan solo drum yang gak kalah dari Travis Barker. Cukup lama sih solo drumnya, apalagi beatnya juga asik, jadinya makin keren deh lagunya. Bagian favorit gue emang solo drumnya. Bravo Tyo Nugros! \m/

  Terakhir, mari kita bahas video klipnya yang unik dan gak mbosenin (.. )\m/
  Ini dia..

  Dengan diawali dengan adegan bagian-bagian kastil yang mulai berdiri selayaknya sebuah pup-art, semacam seni lipat-melipat (?) yang kayak di video klipnya Vierra itu loh..
  Setelah itu muncullah sosok Ahmad Dhani dengan mukanya yang dicat warna abu-abu, kayak patung. Di jari telunjuknya ada semacam benda tajam yang terus digoreskan ke wajahnya. Mencoba keliatan serem tuh. Disini, Ahmad Dhani muncul dengan model rambut yang beda-beda. Yaah, sama seperti video klipnya 'Sedang Ingin Bercinta' sih..
  Di video klip ini, Once keliatan main keyboard. Dhani dan Once tuker posisi gitu, soalnya Dhani lagi pengen nyanyi, pengen eksis ._. Selain itu, ditampilkan juga personil Dewa lainnya seperti Andra dan Yuke yang megang gitar dan bass serta Tyo yang main dibalik drum.
  Harapan saya, di video klip ini ada frame dimana sang drummer nunjukkin talentanya dalam solo drum. Tapi, yang ada malah Ahmad Dhani yang berakting seperti zombie di Resident Evil. Yaah, cukup kecewa juga ._.

 The last, harapan saya sih muncul lagi band-band (bukan boyband atau girlband!) yang bermutu selayaknya Dewa, Sheila on 7, Padi, dan band ini.
  Iya..
  Yaudah gitu aja..
  Segini aja ah resensi musik dari Chobels Corner, blog tak berpijak.. *apaan sih*
  Oke, salam Maudy Ayunda yaaa.. Ciaaooo.. *lagi seneng sama Zakiah Nurmala*
"Dari Dewa kok sampe Maudy Ayunda segala.." -__-
"Ada yang ngomongin gue nih.."


v(^o^)

Comments

Popular Posts