Lenyapnya Sang Cahaya

Gelap terasa senyap
Malam bertambah kelam
Gemerlap telah lenyap
Malam semakin hitam

Bulan jadi rembulan
Luna makin bercahaya
Seiring kemilaunya sirna
Selaras dengan kegelapan

Retina tak terbiasa
Bila bersanding dengan gelapnya
Sekitar yang seumpama
Hilang pergi entah kemana

Masa terus berdetik
Berharap hujan tak merintik
Menyihir sunyi jadi berisik
Dengan ngerinya gemericik

Mata coba terpejam
Tangan coba tergenggam
Cahaya coba terekam
Mengulang sinar yang tak padam

Semoga esok tak cepat tiba
Senoga bulan tak segera tenggelam
Supaya gelap mampu terlelap
Hingga terang datang benderang

Esok hari takdirku
Aku harus bertarung
Jadi cepatlah urung
Semua rona iblismu itu

Semakin kupeluk penaku
Semakin tersungkur sastraku
Jadi ku lepas penaku
Biar menari bebas diatas kertas

Ilmu adalah mengejar cahaya
Cahaya fokus saat sekitar gelap
Gelap ada untuk cahaya
Namun ilmu bukan dalam gelap

Ilmu tak merangkak dalam gelap
Ilmu bertamu dalam sinar bulan
Ilmu tak menyelam dalam kelam
Ilmu menyapa bersama cahaya

Jika aku berharap
Aku mengharap cahaya
Jika aku meminta
Aku meminta cahaya
Sekarang juga!!

Dan kelopak menutup
Seiring terhirup
Aroma kantuk yang mengeruk
Nafsu mimpi dalam imaji

Terjaga dalam kelam
Terbangun bersama senyap
Terlelap dalam malam
Tertidur dengan gelap

Sadar beranjak hilang
Melayang terbang melanglang
Melangkah ke alam impian
Seiring cahaya lilin lambaikan tangan

...
....
.....

(dirangkai ketika cahaya sejenak lenyap dari hadapan retinanya...)


"Ilmu menyapa bersama cahaya.." -Lenyapnya Sang Cahaya (2013)

Comments

Post a Comment

Popular Posts