Berjanjilah

Berjanjilah, Sayang..
Bila aku benar-benar mesti angkat sauh, kibarkan layar, arungkan kapal
Kamu takkan ikut kemana-mana
Sebab aku juga takkan kemana-mana

Kita akan beli seekor merpati
Melatihnya supaya dapat mengantarkan kata-kata
setiap kita dilanda rindu
setiap kita dihampiri memori

Semoga tidak ada seorang pun yang menembaknya
Sebab nanti rinduku tak bisa dihantarkan kepadamu
Dan rindumu juga tak dapat mendatangiku
Kemudian, tanpa rindu, aku tak tahu lagi bagaimana jadinya..

Rindu kita akan tercecer kemana-mana
Tak menentu
Lalu orang lain akan mengumpulkannya, menyatukannya
Menyusunnya kembali, memberikannya seolah dari hati

Padahal daur ulang
Rindu yang disampaikan
Rindu yang seakan baru kau rasakan
Tak lain adalah rinduku

Maka
Berjanjilah, Sayang
Sehidup-semati kita jaga merpati itu
Sebab aku..
Aku takut

Merpati tak punya sembilan nyawa
Dan kucing-kucing lapar ada dimana-mana
Berat memang bila memegang
cinta mati

Jogjakarta, 1 Juli 2016
Berlebihan pikiran, ingin pergi tanpa berpisah, andai ada caranya


Comments

Popular Posts